Mar 19, 2018

#LabStories 03 : Penentuan Berat Molekul [ Lab. Kimia Fisika ]



Halohaa!!



Hari kamis kemarin merupakan jadwal praktikkum kimia fisika. Yup, kali ini gue dan temen temen kelompok tiga praktik tentang penentuan berat molekul. Untuk bahan yang digunakan adalah CHCL3 dan Aseton.

Untuk perhitungan berat molekul ini kita menggunakan penurunan rumus dari persamaan gas ideal, hehe. Untuk rumusnya gimana kamu bisa searching aja yaa di mbah gugel.

Hal pertama yang kami lakukan adalah mengambil air sekitar 500 ml didalam gelas kimia yang gunanya untuk membantu pemanasan zat di dalam erlenmeyer. Nah, nanti zat tersebut akan menguap setelah dipanaskan dan diukur berapa suhunya. Setelah itu didinginkan di dalam alat yang bernama desikator. Jadi, zat cairan yang sudah menjadi uap tadi akan kembali mencair di dalam erlenmeyer tersebut heheh.

Untuk kendala dalam praktikkum ini tidak terlalu ribet tetapi bukan berarti mudah untuk dipraktikkan hehe. Kendalanya lagi lagi ketika saat menentukan data pengamatan, penimbangan dan juga pengukuran suhu. Dibutuhkan ketelitian dan keseriusan agar persen kesalahan yang didapatkan semakin kecil.
Share:
Post a Comment