Mar 12, 2018

#LabStories 02 : Menentukan Berat Jenis [ PRAKTIK INSTRUMEN DAN PENGUKURAN ]

Haloo!!!


Kembali lagi di labstories hehe aihh :3
Soo, kali ini gue mau cerita tentang praktikkum gue di lab instrumen dan teknik pengukuran hari jum'at kemarin. Btw, letak lab. instrumen dan teknik pengukuran ini ada di lantai dua. Gue suka labnya karena mirip mirip lab. rekayasa bioproses, adem adem gimana gitu dan ga terlalu ada bau zat kimia seperti di lab kimia fisika :3

Untuk praktikkum di lab instrumen dan teknik pengukuran ini terbagi menjadi dua kelompok dan pembagian kelompok berdasarkan nama di absen. Untuk kelompok 1 mereka kebagian job untuk praktik tentang "tm 1" dan kelompok 2 kebagian job "menentukan berat jenis"

Sampel yang kita gunakan untuk praktikkum ini adalah pasir kuarsa dan etanol 95%. Sedangkan alat yang kita pakai adalah piknometer. Alatnya kecil mungil gitu hehe. Eitss, tapi kecil kecil gini harganya mahal. Berdasarkan informasi dari bu Ellina selaku instruktur kita, beliau memberitahukan bahwa harga piknometer sekecil itu sebesar Rp2.400.000,00 :')
Kebayang ga kalo misal alat itu pecah, mungkin bisa satu sampe dua angkatan gotong royong untuk 'ceka ceka' buat ganti alatnya :'D





Alat dan bahan yang akan kita gunakan


Piknometer! Sekecil gini dua jeti-an loh wkwk

Piknometer ini merupakan alat untuk menentukan berat jenis suatu benda. Nah, menurut wikipedia, berat jenis itu adalah perbandingan relatif antara massa jenis sebuah zat dengan massa jenis air murni.

Pasir kuarsa halus

Pasir Kuarsa kasar

FYI, praktiknya ga lumayan ribet cuma butuh ketelitian dan kesabaran khusus karena banyak bermain dengan data berupa angka disini. Belum lagi anggota per kelompok yang terlalu banyak membuat kami jadi agak kebingungan dalam melakukan praktikkum, hehe.
Share:
Post a Comment