Mar 8, 2018

Charlie, Si Jenius Dungu [ REVIEW BUKU ]


[ CHARLIE SI JENIUS DUNGU. ]

Rate: 8/10

Buku ini bercerita tentang Charlie Gordon yang kerap disapa Charlie, seorang tukang sapu yang memiliki IQ 68 yang sering menjadi bahan olokan teman temannya.




Waktu berumur 18 tahun, Charlie 'dibuang' oleh keluarganya dan diasuh oleh pemilik toko roti bernama Pak Donner dan menjadi tukang sapu disana. Ia juga bersekolah di SLB Warren. Hingga umurnya 32 tahun, Prof. Nemur san Dr. Strauss mengadakan sebuah eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan manusia. Mendengar kabar ini tentu Charlie sangat tertarik untuk menjadi target eksperimen tersebut. Namun, eksperimen ini belum pernah diuji cobakan pada manusia dan hanya berhasil pada seorang tikus bernama Algernon. Meski begitu, Charlie tidak peduli pada risiko yang ada. Ia berpikir bahwa jika ia menjadi cerdas, maka ia akan disenangi oleh semua orang termasuk ibu dan teman temannya.

Prof Nemur menyuruh Charlie untuk menulis jurnal harian baik sebelum maupun sesudah eksperimen dilakukan. Hal ini bertujuan agar mereka dapat membaca perkembangan yang ada pada diri Charlie.

Kian lama, perkembangan otak Charlie makin meningkat. Seiring berjalannya waktu, makin banyak hal yang telah dipelajari oleh Charlie mulai dari bahasa asing, politik, hukum, sastra dsb.

Namun, pada akhirnya Charlie menganggap bahwa ia hanya menjadi objek penelitian oleh para ilmuan tersebut, bukan dianggap sebagai orang yang membutuhkan pertolongan.

Hingga pada akhirnya, Algernon mati dengan kerusakan otak yang parah. Dan Charlie merasa ada yang berubah pada dirinya sendiri. Ia mengalami kemunduran yang cepat hingga ia tak bisa membaca dan menulis seperti biasanya. Akhirnya, Charlie kembali bekerja di pabrik roti Pak Donners dan Ia pun menjadi dungu kembali.

"Tidak, kau tidak mengerti karena itu tidak terjadi padamu, dan tidak ada yang mengerti diriku kecuali aku sendiri" -Charlie Gordon-





Share:
Post a Comment