Jan 2, 2018

KILAS BALIK


[ Kilas Balik ]

2017 telah berlalu. Namun, kenangan yg terekam pada tahun itu masih melekat hangat di dalam sanubari.

2017 merupakan tahun tersulit sepanjang yg pernah terlewati. Tahun yg penuh akan kisah perjuangan. Dan tentu saja, setiap kisah yang terukir di dalamnya, selalu ada hikmah yg dapat dipetik.

Di tahun ini, 'ikhlas' merupakan point pembelajaran yang paling utama. Belajar untuk ikhlas pada apa yang telah direncanakan Tuhan. Meski terasa sulit untuk menerima ketentuan-Nya, tapi sekarang aku paham bahwa Tuhan memberikan sesuatu yg hamba-Nya butuhkan, bukan hanya sekadar sebuah keinginan belaka.

Pun tak kalah penting, pengorbanan merupakan point pembelajaran yang paling berkesan. Dibalik keberhasilan seseorang, tentu banyak pengorbanan yang ia lakukan. Entah itu materi, waktu, pikiran maupun tenaga. Tapi, semuanya kembali lagi pada ketetapan Tuhan. Sekeras apapun pengorbananmu, jika Tuhan tak menetapkan itu untukmu, maka itu tidak akan pernah menjadi milikmu.

Terakhir, perihal memilih, berat rasanya, ketika dihadapkan oleh suatu pilihan yang pada hakikatnya tidak dapat untuk disandingkan dan bukan perkara mudah ketika diharuskan memilih satu diantara pilihan yang ada. Tapi, kembali lagi pada quote klise, "hidup adalah pilihan"

Ah, terlepas dari semua rencana-Nya yang terjadi,
Aku sangat bersyukur dapat berada disini, di kampus biru, di kampus perjuangan, di tempat yg telah Tuhan rencanakan, tempat yg paling terbaik dari semua yg terbaik. 
Tempat yang akan menjadi destinasi pada setiap lembar narasi perjuangan.
Tempat dimana akan dipertanggungjawabkannya status 'maha' yg disematkan pada kata 'siswa'.
Tempat dimana akan banyak mempelajari perihal komitmen, kerja keras, persahabatan, atau bahkan cinta sekalipun.

Lagi lagi, aksara hanyalah sedikit pemanis dari narasi perjuangan. Tindakan, karya serta kontribusi nyatalah yg akan menghidupkan narasi ini.


02 Jan'18.



Dikala Matahari melemparkan senyum kepada Bumi.
Share:
Post a Comment