Aug 8, 2017

Website Penyedia Jurnal (Open Access Journal) Nasional & Internasional.

Haii. O genki desuka?

Post kali ini, saya mau sedikit berbagi resources yang biasanya menyediakan jurnal ilmiah yang bisa kita akses secara free. Ohya, btw sebenarnya jurnal itu apasih?


Hasil gambar untuk ilmiah

Nah, menurut om wiki pengertian jurnal itu:


Jurnal merupakan suatu kutipan dari laporan di dalam jurnal terdapat point-point penting dari laporan tersebut.
Terdapat berbagai jurnal ilmiah yang mencakup semua bidang ilmu, juga ilmu sosial dan humaniora. Penerbitan dalam bentuk artikel ilmiah biasanya lebih penting untuk bidang ilmu pengetahuan alam maupun kedokteran dibandingkan dengan bidang akademik lain.

Kalo berdasarkan dari blog yang saya telusuri ini, jurnal itu:


Jurnal (journal) adalah media (semacam majalah) tempat dipublikasikannya paper-paper. Jurnal yang baik memiliki mekanisme peer-review untuk menyeleksi untuk menentukan apakah sebuah paper yang di-submit ke jurnal tsb layak diterbitkan atau tidak.

Berdasarkan dari informasi yang saya juga dapatkan, jurnal itu penting guys sebagai bahan referensi untuk penelitian atau biasanya referensi pembuatan skripsi bagi mahasiswa.


Hasil gambar untuk ilmiah

Nah, beberapa resources penyedia jurnal yang bisa kita akses:

https://scholar.google.co.id/

http://e-resources.perpusnas.go.id/

http://garuda.ristekdikti.go.id/

http://id.portalgaruda.org/

www.jurnal.lipi.go.id/

http://ejurnal.bppt.go.id/


http://www.ijea.org/


Cambridge Core


Directory of Open Access Journals (DOAJ)

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/


http://economics-ejournal.org/

http://timreview.ca/

http://scholarbank.nus.edu.sg/termsofuse

https://dspace.mit.edu/

https://ocw.mit.edu/index.htm

http://etd.repository.ugm.ac.id/

http://www.sciencedirect.com/science/journals/all/all-open-access

https://academic.oup.com/journals/pages/open_access

http://www.gutenberg.org/

http://literature.org/

https://openlibrary.org/

https://archive.org/

http://digilib.itb.ac.id/

http://studentsrepo.um.edu.my/

https://etd.ohiolink.edu/pg_1?213884022903177

Banyak banget kan wkwk. Setelah hasil 'kepositif' saya, saya baru tau kalo tiap perguruan tinggi itu BIASANYA menyediakan website khusus untuk publikasi jurnal mereka. So, sebelum kepoin website diatas, coba kepoin dulu website di perguruan tinggi kamu yaa.

Ohya, selain jurnal, tadi aku nemuin beberapa istilah juga di blog ini. yaitu Paper dan Proceeding. Duh, ilmiah banget gitu kan bahasanya wkwk. Paper itu sendiri artinya artikel ilmiah yang ditulis dalam format tertentu. Kalo proceeding ini mirip dengan jurnal, yaitu tempat dipublikasikannya paper paper. Bedanya, proceeding ini hanya mempublikasikan paper paper yang diseminarkan dalam conference tertentu.

Hasil gambar untuk seminar

Kalo saya sendiri sih, belum ada ngebaca jurnal sampe abis wkwk. Paling cuma kepoin judul aja. Bacain skripsi yang dipublikasikan di website kampus saja saya masih suka pusing sendiri haha. Selain bahasanya yang emang ilmiahers, saya juga masih awam sama ilmu yang akan saya tekuni empat tahun kedepan (Baca: Teknik Kimia). Namanya juga baru jadi mahasiswa wkwk. Kalo pesan kakak alumnus di kampus saya, nikmatin aja dulu kuliahnya kan baru memulai juga. Kalo memang mau baca jurnal dimulai dari yang ringan ringan dulu, dari yang berbahasa Indonesia dulu. Kalo sudah masuk semester lima atau enam, baru 'paksain' buat baca jurnal yang english. (Ini nulisnya jadi ngawur deh perasaan td cuma bahas masalah jurnal kenapa malah nulis sampe sini wkwk)


Hasil gambar untuk ilmiah

Sebenarnya, website Open Access Journal itu banyaaaaaak banget. Ini cuma beberapa saja yang saya tau dan hasil kepo dari situs lain juga. Kalo ada rekomendasi lain bisa langsung kirim ke email saya, okeey? Arigatou Gozaimasu!


Hasil gambar untuk penelitian ilmiah
Share:
Post a Comment