Aug 12, 2017

Rekomendasi Buku Untuk Persiapan Test UN - Sbmptn - Snmptn - Ujian mandiri ptn - Umpn

Hai pejuang tulis! 


Hasil gambar untuk pejuang sbmptn


Bagaimana dengan persiapannya? Sudah maksimalkah? Atau ada yang masih santai santai selonjoran sembari main game terbaru?
Kali ini, aku mau kasih kalian rekomendasi buku untuk belajar demi mempersiapkan diri menghadapi ujian. mulai dari un, sbmptn, umpn, umptn, umptkin, ujian mandiri, simak ui, dll. Buku yang aku share ini adalah buku yang ku pakai ketika dulu aku berada di posisi yang sama seperti kalian; pejuang tulis. Yah, walaupun kamu merasa:
"Aah, nilai ku udah gede. Aku juara umum kok, ngapain repot repot belajar? Kan pasti lulus jalur undangan a.k.a snmptn. Atau aku pasti lulus pmdk"
Kamu harus tetap melakukan persiapan untuk menghadapi ujian tulis. Gak ada yang bisa jamin kamu lolos seleksi meski nilai kamu gede, sertifikat kamu banyak apalagi kalau kamu anak panitia snmptn itu hihi. Pokoknya persiapkan plan B ya, kalau bisa plan C juga disiapkan.

--------------

1. Buku Sakti dari GO


Hasil gambar untuk buku sakti go 2017

Buku ini ku letakkan di nomor satu karena bener bener worth it untuk dipake persiapan tes. Kalau kemarin di tahunku ketika aku les, buku sakti dari GO a.k.a. Ganesha Operation (Lembaga Bimbingan Belajar) ini ada 4 buku. 2 Buku untuk persiapan PTN dan 2 buku lain untuk persiapan UN. 2 buku itu terdiri dari buku bahasa (inggris + indo) dan ipa/ips (dikondisikan dengan mapel per jurusan). Untuk materi TPA disediakan dalam buku koding dan buku suplemen.

Isi buku ini terdiri dari soal soal per mapel. Jadi misalnya untuk mapel fisika, tiap bab mengandung materi beda-beda. Bab 1 tentang mekanika, bab 2 tentang zat dan kalor dst. Begitu juga mapel lain. Jadi buku sakti ini bukan disusun per tahun melainkan per bab. Dengan disusun per bab, kita jadi tau materi mana yang sudah kita kuasai dan materi mana yang belum kita kuasai. Buat yang tau zenius, menerapkan konsep delibrate practice cocok banget pake buku ini. Ohya, buku ini juga tebel banget. Bisa nyampe 800 halaman. Dulu aku sering jadiin buku ini sebagai bantal dengan harapan prinsip osmosis bisa bekerja, haha.

FYI, buat dapetin buku ini kamu harus les dulu di GO. Atau kalo memang ga memungkinkan, kamu bisa pinjem ke kakak kelas yang dulu les di GO. Pokoknya diusahain dulu. Katanya kamu pejuang, masa gitu aja udah nyerah? :p

2. Buku Wangsit 


Hasil gambar untuk buku wangsit

Siapa yang gak kenal buku wangsit? Buku ini diproduksi oleh om jero (nama bekennya sih itu, aku gatau nama aslinya wkwk) dimana beliau sendiri adalah alumnus ITB.

Kelebihan buku ini menurutku sama seperti buku sakti GO. Semua soal disusun per bab / per materi bukan per tahun. Sangat memudahkan kita untuk mereview materi. Nilai plusnya lagi, di dalam buku ini sudah ada kunci jawaban beserta pembahasannya. Jadi, kalo kita gak paham dapet jawabannya darimana, kita bisa liat pembahasannya.

Selain itu, buku ini juga enteng dan gak terlalu besar. Seukuran buku tulis kecil kira kira. Berbeda dengan buku GO yang beratnya naudzubillah. Lagi lagi, kelebihannya adalah ukuran bukunya mini tetapi isinya bener bener worth it.

Ohya, buku ini juga terbagi 3 jenis. Ada yang platinum, gold dan silver. Harga buku platinum agak murah karena 1 buku 1 pelajaran. Buku gold dipisah sesuai jenis tes; tkpa dan saintek/soshum. Sedangkan silver digabung tkpa dengan saintek/soshum. Untuk yang ini, disesuaikan saja dengan kondisi finansial kamu. Kalau aku sendiri lebih merekomendasikan buku jenis platinum karena 1 buku 1 pelajaran. Bikin kamu lebih fokus dalam belajar.

Gambar terkait


Hasil gambar untuk buku wangsit

Hasil gambar untuk buku wangsit



3. Buku Bigbank

Ada yang tau buku ini? Yap buku BIGBANK!
Buku bigbank ini, aku beli di gramedia waktu jaman jaman kelas 10. Buku bigbank ini terdiri dari pelajaran matematika,fisika,kimia,biologi, dan bahasa inggris. Di dalam buku ini terdapat ringkasan materi, contoh soal dan kumpulan soal. Soal-soalnya terdiri dari soal un,sbmptn dan ujian mandiri ptn seperti um ugm dan simak ui.

Bukunya worth it buat dipakai untuk latihan soal. Selain terdapat materi pelajaran, soal-soalnya juga cukup banyak. Apalagi untuk bigbank kimia, 1 bab bisa nyampe 200-an soal. Di buku ini juga ada kunci jawaban beserta pembahasannya.

Hasil gambar untuk buku bigbank


4. Buku Biologi Karya Campbell

Hasil gambar untuk campbell biology
https://www.amazon.com/Campbell-Biology-10th-Jane-Reece/dp/0321775651

Yang calon mahasiswa kedokteran atau pecinta biologi sepertinya udah gak asing lagi dengan buku ini. Buku Biologi karya Campbell emang recommended banget buat kamu yang mau belajar biologi secara mendalam. Buku ini juga menyuguhkan animasi/ilustrasi pembelajaran yang jelas. Bukunya memang tebal karena biasanya buku ini dipakai untuk tingkat universitas. Tapi, kalau kamu memang mau meningkatkan skor di ujian mapel biologi, kamu bisa menambahkan waktu belajar biologi dengan membaca buku ini. Ohya selain penjelasan dan ilustrasi, di buku ini terdapat soal soal yang sifatnya 'ngonsep'. Jadi kamu harus paham dulu konsepnya baru bisa jawab. 11-12 laah sama soal sbmptn/simak ui :D

5. Buku Saku Ringkasan materi

Buku ini sangat sangat berguna bagi kalian belajar apalagi untuk persiapan tes. Kalau lagi dijalan atau sedang menunggu sesuatu, kamu bisa isi waktunya dengan baca buku saku ini. Jangan dipakai buat main sosmed.  Ingat! Disaat kamu sedang menikmati kemalasan, di luar sana saingan kamu sedang belajar mati-matian. Duh, gamau ketikung kan? :p

Carilah buku ringkasan materi yang ukurannya mini dan bisa masuk kantung baju. Selain itu, cari juga buku yang isinya lengkap atau seenggaknya mendekati lengkap. Kalau aku kemarin pakai buku yang judulnya "mafia" untuk pelajaran hitung-hitungan dan buku "minibook master biologi yang warna ijo.

Hasil gambar untuk buku ringkasan materi mafia


Hasil gambar untuk buku master book biologi


------------------

Nah, itulah buku rekomendasi dariku. Sebenarnya,  Semua buku itu worth it tergantung bagaimana kamu menggunakannya dan tergantung tipe belajar kamu. Jadi, buku diatas belum berarti worth it juga buat kamu pakai.

Kalau merasa gaada duit buat beli buku, ayo atuh dimanfaatkan fasilitas internetnya. Searching di google 'soal sbmptn' atau 'ringkasan materi biologi' atau apalah sesuai kebutuhan kamu. Banyak banget di google bertebaran e-book atau file pdf yang bisa disedot sepuasnya. Aku aja kemarin waktu persiapan tes, terkumpul materi+kumpulan soal gitu nyampe 2 gigaan(kurang lebih) dan cuma beberapa aja yang dikerjain karena sibuk ngerjain di buku sakti dan buku wangsit wkwk.

Selamat berjuang wahai pejuang tulis!
Ingatlah, hasil tidak akan mengkhianati takdir Tuhan.
Kuncinya simple-> berdoa,berusaha lalu bertawakal. 


Artikel lain:
7 situs belajar online
Channel Youtube free untuk akses belajar un - sbmptn - dll
Rekomendasi situs persiapan sbmptn - un - umptn dll
Share:
Post a Comment