Aug 9, 2017

Apakah Kau akan Kecewa?

Asal kau tau saja, rasa takut ini selalu menghampiriku setiap saat. Pertanyaan demi pertanyaan selalu muncul dalam hatiku, "Apakah kau akan kecewa?"

------------------

Hasil gambar untuk kecewa


Tahun ini, merupakan tahun dimana aku melepas statusku sebagai siswa dan menerima status yang baru; mahasiswa. Benar, tahun ini adalah tahun perdana dimana aku akan kuliah dan mulai belajar hal baru lagi.

Mahasiswa? Apa yang kau ketahui tentang mahasiswa? Selama ini aku hanya tau mahasiswa itu statusnya lebih tinggi dari siswa dan tentu saja amanah yang diemban juga lebih berat. Mahasiswa dengan segala kerumitannya, tugas tugas bergelimangan bak harta seorang raja, laporan praktikum menjadi teman sehari hari, organisasi mahasiswa dengan seabrek program kerjanya, tidak ada seragam, tidak ada upacara, dosen killer, bertemu first love(maybe?), wisuda, dan tentu saja SKRIPSI! 

Ah, apakah menjadi mahasiswa memang serumit itu? Apakah menjadi mahasiswa itu seperti yang biasa kita tonton di FTV? hmm, maybe yes maybe no.

Sebenarnya, hal yang sangat ku takutkan adalah ketika aku tidak mampu memberikan yang terbaik. Aku sampai berpikiran bahwa Do the best bukan berarti hasil yang kau dapatkan juga akan the best. Semuanya, kembali lagi pada takdir Tuhan dan kadar kedekatanmu pada-Nya.

Ahh, betapa saat ini aku sangat mendewakan hasil atau nilai. Padahal dulu aku sangat anti akan hal ini. Bagiku proses tetap menjadi segalanya. Hasil adalah nomor dua karena meski kadar usaha kita sudah 100% jika Takdir Tuhan berkata lain, kita mau apa? Dan lagi, proses akan mendewasakan kita pada setiap episodenya, sedangkan hasil? Hanya berupa kepuasan semata yang akan kita rasakan sesaat.

Lagi lagi, Aku hanya takut mereka kecewa dan malu pada diriku. Aku takut tak bisa memberikan yang terbaik untuk mereka. Aaah, andai saja kuliah itu tidak ada penilaian berupa angka, hanya ada penilaian berupa huruf seperti A,B, atau C. 

Ku lihat catatan semua mata kuliah di prodi yang akan ku tekuni 4 tahun kedepan, uhm apakah aku bisa? Semuanya terasa asing, apalagi didukung dengan kondisi aku sudah lama tidak membuka dan mereview pelajaran ketika sma. Apa dengan kemampuanku yang seperti ini, aku bisa memberikan yang terbaik?

Ah, andai aku bisa, aku ingin sekali berbicara pada mereka dan menjelaskan semua kebimbangan yang aku rasakan. 
Jangan berharap sesuatu dariku, apapun itu.
Aku tak bisa berjanji memberikan kalian lebih, tapi aku akan berjanji untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik disini.
Tolong jangan kecewa dan tetaplah untuk mendukungku apabila aku mengalami kegagalan dan penolakan.
Tetaplah berada disampingku untuk mendukungku apapun kondisinya. 
:')

-rizkyayunabila-

Share:
Post a Comment