May 5, 2016

Pra UAS (Semester 4 + Review Mata Pelajaran kelas 11)

Hai readers~

Gak kerasa ya, udah masuk bulan Mei aja. Itu artinya ujian semester 4 semakin dekat. Btw, gue denger-denger dari guru sih, tanggal 23 Mei nanti udah ujian. Berarti sisa 18 hari (dihitung sejak post ini dibuat) lagi buat belajar dan ngereview konsep.

Kurang lebih 13 mata pelajaran, gue rasa gak cocok mau nerapin konsep SKS (Sistem Kebut Semalam). Lagian, menurut gue sistem SKS itu kurang efektif dan bikin otak pusing. Ditambah, materi pelajaran kelas 11 tuh banyak + ribet dibanding pelajaran kelas 10 atau kelas 12. Jadi agak mustahil kalo mau nerapin sistem SKS untuk belajar.

Ngomongin materi pelajaran, gue mau review dikit tentang materi pelajaran di kelas 11 yang menurut gue lebih ribet dan kompleks dibanding materi kelas 10 atau kelas 12.

1. Fisika


Fisika gue letakin di nomor satu, karena memang materi fisika paling ribet tuh di kelas 11. Gatau kenapa, gue susah banget ngertiin konsep bab dinamika rotasi, konsep torsi,  apalagi konsep tentang titik berat. Menurut gue, bab dinamika rotasi ini memang butuh analisis yang kuat banget. Gak cukup kalo lo cuma ngapalin rumus doang. 

Dan memang,  belajar fisika itu harus punya kemampuan analisis yang kuat, karena ada beberapa 'fenomena' yang gak selalu relevan sama rumusnya. 




2. Matematika.

Matematika di kelas 11 sih sebenernya gak susah, tapi juga gak gampang. Di kelas 11 ini, kita dikenalin sama bab baru yang gak dipelajari waktu SMP, yaitu Limit dan Diferensial (Turunan). Selain itu, kita juga belajar tentang statistika dan peluang yang materinya tuh lebih kompleks dibanding waktu SMP. Dan, pastinya kita ketemu lagi sama bab trigonometri.

Intinya, matematika di kelas 11 cukup menantang apalagi di bab trigonometri, limit, dan turunan. Kalo lo mau jago di bab limit, lo harus kuasain dulu sifat-sifat aljabar serta trigonometri. Karena aljabar dan trigonometri adalah basic dari bab limit. Gitu juga kalo lo mau jago di bab turunan, lo musti kuasain dulu bab tentang limit, karena limit itu dasar dari turunan.

3. Kimia.

Kimai di kelas 11 lumayan seru loh! Lo bakal dikenalin sama konsep larutan, cara menghitung PH, cara mempertahankan nilai PH a.k.a. BUFFER dsb. Lo juga bakal belajar tentang koloid. Pokoknya, di kelas 11 ini lo banyak belajar tentang larutan. Dan, basic yang harus lo kuasain agar jago di kimia kelas 11 ini adalah manipulasi aljabar, serta bab stoikiometri. 

4. Biologi. 

Masuk ke kelas 11, materi pembelajaran biologi fokus terhadap sistem organ manusia. Udah banyak materi tentang ilmu kedokteran yang didapat di kelas 11 ini. Selain sistem organ manusia, kita juga akan belajar tentang sel dan jaringan tumbuhan & hewan. Dan materi biologi kelas 11 ini, memang cukup mudah dipahami karena materinya bisa langsung kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.


Okey, gue cuma review 4 pelajaran yah. Karena 4 pelajaran diatas adalah pelajaran inti untuk prodi IPA di SMA. 
Sepengetahuan gue, materi UN dan SBMPTN banyak diambil dari materi kelas 11, terutama kimia. Jadi, kita memang harus bener bener paham pelajaran di kelas 11 ini.

Nah, karena udah H-18 menjelang UAS, gue biasanya bikin jadwal belajar gitu. Tujuannya sih biar lebih 'teratur' dan 'porsi belajar' gue diharapkan cukup. Dan, karena gue juga ikut bimbel, gue juga nyusun jadwal untuk konsultasi pelajaran yang belum gue ngerti.

Gak cuma prepare mengenai konsep belajar, kita juga harus prepare mental dan kondisi kesehatan. Kalo gue sih, H-1 UAS gue biasanya gak belajar lagi, karena pengen istirahat dan sedikit refresh otak. 

Okey, itu sedikit cerita gue menjelang Ujian Akhir Semester 4 (UAS) kali ini. Mudah-mudahan Allah SWT memberi yang terbaik buat gue. 

Xie-xie readers! :) 






Share:
Post a Comment