Monday, February 1, 2016

Sejarah Singkat Rohis Anwarul Mukminin SMA Negeri 15 Palembang

SEJARAH SINGKAT
ROHIS ANWARUL MUKMININ
SMA NEGERI 15 PALEMBANG




                Pada awalnya Rohis di lingkungan SMA Negeri 15 Palembang hanyalah sebuah perkumpulan biasa yang dimana kegiatannya masih sangat sederhana, yaitu majelis taklim yang dilaksanakan di mushollah SMA Negeri 15 Palembang. Majelis ini dibentuk oleh para siswa SMA Negeri 15 Palembang untuk menghimpun para siswa yang ingin  memperdalam ilmu tentang islam. Majelis ini di bentuk pada tahun 1994 yang di ketuai oleh seorang siswa yang bernama Erwin Ahsan, majelis ini kemudian di kenal dengan nama Majelis Taqlim (MT).
                MT mengalami perkembangan yang berbeda-beda pada setiap tahunnya. Pada awal terbentuknya MT di SMA Negeri 15 Palembang, MT masih sangat sederhana, dengan memiliki program rutin berupa majelis taqlim yang di isi oleh seorang mahasiswa dari IAIN Raden Fatah (sekarang UIN Raden Fatah Palembang) yang bernama Indra.  Selain majelis taqlim, MT juga dipercaya untuk ikut serta dalam kepanitian setiapa kegiatan yang bernafaskan islami seperti Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di SMA Negeri 15 Palembang. Selain program kerjanya yang masih sederhana, srtuktur kepengurusan yang dimilikinya pun masih sangat sederhana. Struktur kepengurusannya hanya terdiri dari pengurus-pengurus inti, seperti ketua. Dengan dibimbing  oleh guru agama, Ibu Nursamsiah Siregar, S.Pd dan Ibu Dra. Anarizal, kegiatan-kegitan MT terus berlanjut dan terus mengalami perkembangan.
                Pada tahun 1998, SMA Negeri 15 Palembang baru mengeluarkan SK pembina untuk MT. Pada saat itu kepala sekolah ynag menjabat adalah Bapak Drs. Purwira Zainudin. MT terus mengalami perkembangan dan perbaikan mulai dari struktur kepengurusan hingga program kerja yang mereka laksanakan. Hingga pada tahun 2004, MT mendapatkan penghargaan sebagai salah satu ekstrakulikuler yang berprestasi di SMA Negeri 15 Palembang.
                Seiring dengan perkembangannya ekskul keagamaan yang awalnya dikenal dengan nama Majelis Taqlim (MT) ini ber-evolusi menjadi ekskul kerohanian yang hingga sekarang dikenal dengan nama Rohani Islam (Rohis). Seiring perkembangannya Rohis juga telah memiliki struktur yang lebih kompleks dari sebelumnya dimana setiap anggotanya dibagi atas beberapa seksi bidang-bidang. Hingga di tahun kepengurusan 2013/2014, yang diketuai oleh M.Ilyas, para anggota Rohis SMA Negeri 15 Palembang sepakat untuk menamai Rohis mereka denga nama  ‘Anwarul Mukminin yang artinya ‘Cahaya Pemuda’ dengan ruang kesekretariatan yang terletak di mushollah Al-Muttaqin yang terletak di samping ruang Bimbingan Konseling (BK) SMA Negeri 15 Palembang. Dan pada tahun kepengurusan 2014/2015, yang diketuai oleh Heri Heryanto, Rohis Anwarul Mukminin kembali memperbaharui struktur dan program kerjanya. Diantaranya memperbaharui struktur kepengurusan yang awalnya terdiri dari bidang-bidang menjadi departemen-departemen dan juga meperbaharui lambang dari Rohis itu sendiri. Dalam perkembangannya Rohis terus memberikan konstribusi yang cukup banyak dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan baik di dalam maupun di luar lingkungan SMA Negeri 15 Palembang. Hingga pada tahun kepengurusan 2015/2016 Rohis Anwarul Mukminin diketuai oleh Arrohman Riky Kevinza.






Share:
Post a Comment