Nov 16, 2015

Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan

Assalamu’alaykum Warrahmatullahi Wabarakatuh :)
Apo kabar galo galo ?? hehehe

Pada postingan kali ini,ane mau share gimana cara belajar efektif tapi ga ngebosenin versi ane sendiri. Agar saat kita belajar terasa menyenangkan. Cek this out! :D

1.      Berdoa sebelum belajar
Berdoa merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum melakukan kegiatan apapun itu,termasuk belajar. Berdo’alah untuk meminta kemudahan kepada Allah SWT dan agar Allah SWT meridhoi apa yang kita pelajari.

Berdoa merupakan salah satu kewajiban
kita sebagai umat manusia yang sadar
akan kelemahan yang kita punya.


2.      Tau tujuan
Ketika temen temen ingin belajar sesuatu,pastikan tau tujuannya. Misal; ane belajar matematika,tujuannya biar nilai matematika ane naik. Ane belajar bahasa arab,tujuannya biar ane lebih paham mempelajari Al-Quran dan bisa speak speak arab. 
Percaya deh,kalo kita belajar dan tau tujuan kita belajar itu apa,Insya Allah kita akan lebih mudah untuk mempelajari suatu hal. Karena kita udah tau tujuannya apa. Dan kita tinggal fokus untuk merealisasikan tujuan tersebut.

3.      Belajar itu kebutuhan bukan kewajiban!
Mulai sekarang,ane minta tolong sama temen temen semua untuk mengubah mindset tentang belajar! Why? Karena,menurut ane,segala sesuatu yang kita lakukan itu berdasarkan mindset. Contoh kayak makan. Seluruh manusia pasti menganggap bahwa makan itu adalah kebutuhan,bukan kewajiban. Itulah yang membuat seluruh lapisan manusia tidak pernah merasakan bosan ketika makan.
Sama kayak belajar. Kalo kita semua berasumsi bahwa belajar itu adalah kebutuhan kita, Insya Allah semua orang akan merasakan senang belajar. Para pelajar tidak akan lagi merasakan bosan ketika belajar,karena mereka menganggap bahwa belajar itu kebutuhan,bukan kewajiban.
We are learning not Studying!


4.      Pahami konsep,bukan rumus!
Nih,sering banget terjadi di kalangan pelajar. Mindset mereka mengatakan bahwa rumus adalah segalanya ketika kita belajar ilmu eksak. Tanpa rumus kita akan susah mengerjakan soal-soal. Tapi bagi ane? TIDAK SAMA SEKALI! Rumus bukan segalanya. Sekalipun itu rumus gerak parabola yang naudzubillah banyaknya kayak sampah di TPA, ngapal rumus bukan solusi terbaik.
Jadi,kalo gak ngapal rumus gimana dong? Ya, pahami konsepnya! Pahami konsep awal bisa ada rumus tersebut kenapa. Contohnya kayak gerak parabola di fisika. Itu rumusnya banyak banget kan? Ada tinggi maksimal lah,waktu benda sampai ke tanahlah,jarak maksimal de-el-el.

Fyi, Rumus rumus pada gerak parabola tersebut diturunkan dari Rumus GLBB pada bab kinematika loh.

Lah,gimana kalo rumus GLBB juga gak hapal?? Usut punya usut ternyata rumus GLBB juga diturunkan dari persamaan matematis GLB!

Temen temen bisa bayangin sendiri,cuma dari 1 konsep,bisa tercipta banyak rumus gitu. Itulah enaknya memahami konsep daripada menghapal rumus (:

Inget gaes,rumus bukan segalanya.
5.      Perbanyak frekuensi belajar bukan lamanya belajar
Tips ke-5 adalah perbanyak frekuensi belajar bukan lamanya belajar. Kamsudnya apaan tuh? Jadi gini,frekuensi dalam fisika adalah banyaknya getaran tiap satuan waktu . Jadi intinya kita belajar lebih sering tapi waktunya bentar,bukan belajar Cuma 1-2x tapi waktunya full gak ada istirahatnya.
Contoh kayak ane nih,ane kalo belajar gak pernah sampe 2 jam full. Pusing coy! Otak juga butuh refreshing kali. Ane belajar paling lama 30 menit,habis itu break 10 menit. Lanjut lagi belajar 15 menit,lalu break lagi 5 menit,begitu juga seterusnya. Yakin deh,otak kita lebih mudah menyerap informasi, dibanding mereka yang belajar 2 jam full tanpa break. :)

Otak akan cepat lelah apabila tidak diberi
waktu untuk istirahat sejenak
6.      Jangan lupa nyatet!
Yap! Catatan itu penting loh gais. Catatan berguna ketika kita ingin mencari suatu hal agar lebih mudah mencarinya. Karena pada catatan tersebut (biasanya) hanya memuat point point penting. Dan jangan lupa untuk mencatat apa yang dijelaskan oleh guru,karena guru suka menjelaskan sesuatu yang tidak terdapat di buku.


7.      Kenali cara belajar diri!
Pada posting sebelumnya,udah pernah ane singgung masalah cara belajar diri. Ada 3 cara belajar diri yaitu Visual,Auditory dan Kinestetik (VAK). Nah,temen temen harus tau cara belajar temen temen itu seperti apa. Tujuannya apa? Tujuannya agar temen temen lebih mudah lagi dalam belajar. Kalo temen temen tau cara belajar temen temen itu seperti apa,yakin deh belajar akan terasa semakin menyenangkan!

Tipe belajar kamu yang mana gaes?


8.      Berdoa setelah belajar.
Kalau tadi kita mengawali belajar dengan berdoa,tak ada salahnya mengakhiri belajar dengan berdoa juga kan? Karena ilmu yang kita punya ini,hanyalah milik Allah SWT dan kepada-Nya jualah ilmu ini akan kembali ;)


 Itulah sedikit tips belajar efektif tapi gak ngebosenin versi ane. Apapun cara belajarnya,selalu tanamkan pada diri teman teman bahwa pendidikan itu penting. Mendapatkan ilmu itu merupakan kebutuhan. Ilmu dan pendidikan merupakan investasi yang paling berharga.
Setujuhh?? :p

"Jika uang yang kita punya,maka uang itu bisa dicuri.
Tapi,bila ilmu yang kita punya,maka tiada satupun manusia yang dapat mencurinya." :) 



Share:
Post a Comment