Jun 28, 2015

Cara Belajar Diri ( Revolusi Belajar )

"Duuhhh,besok ulangan nih. Tapi gue belum persiapan apa-apa!!"

"Perasaan materi ini udah berkali kali dijelasin,tapi kok sampai sekarang gue masih juga belom ngerti ini pelajaran maksudnya apa?"


Kalimat diatas seringkali diucapkan oleh temen temen gue,tak terkecuali gue sendiri (udh jrng skrg nih:p) yang mengalami kegagalan waktu ujian.  Padahal udah belajar mati-matian,udah ngerelain waktu main,udah bela-belain pulang les malem sampai begadang pula.  Nyeseknya pake gula deh kalo ngalamin kejadian itu >,<

Kalo udah ngalamin kejadian kayak gini,sebenarnya yang salah siapa sih? Kitanya yang ga ngerti atau pelajarannya yang terlalu rumit?sama sekali bukan kedua duanya loh....Lantas apa yang salah jika bukan kita dan pelajarannya yg terlalu rumit?

Ternyataaa...menurut buku yang pernah gue baca di perpustakaan deketrumah gue ,yang salah itu cara belajar kita loh.

Kita sama sekali tidak mengenali cara belajar yang sesuai dengan kita itu apa. Ditambah,kualitas belajar kita yang terlalu dipaksakan. Dan akhirnya,meski kita merasa sudah belajar maksimal tapi ternyata hasil yg kita dapat minimal sekali. *pukpukpuk*

Memang cara belajar itu ada berapa tipe sih?
Menurut Lucy Lidiawati Santioso,Psi. CH. CHt, CI., dalam bukunya yang berjudul "mendidik sesuai dengan minat dan bakat anak" menerangkan bahwa cara belajar anak itu dibagi 3 macam.Yaitu Visual,Auditorial,dan kinestetik dan sering disingkat VAK.




Lalu,sebenarnya apa pemahaman dari Visual,auditorial dan kinestetik ini sendiri? Berikut gue paparin satu satu

1. VISUAL

Dari namanya aja kita udah tau kalo visual itu erat banget kaitannya sama indra penglihatan. Yap! mata.
Biasanya orang dengan tipe belajar ini akan mudah memahami dan mengerti apabila dijelaskan dengan gambar atau lebih memilih untuk mencari sendiri sesuatu yang belum dia mengerti daripada bertanya.

Strategi belajarnya mudah kok! Kita hanya perlu aktif mencari sendiri gambaran yang dijelaskan guru. Misal kayak kemarin di sekolah,guru biologi gue menjelaskan tentang pelajaran biolog bab animalia. Gue udah ngerasa banget pelajaran ini susah susah gampang. Abis materinya banyaaaak. Bercabang cabang kayak pohon. Tapi,alhamdulillah gue berhasil melewatinya dengan ngeliatin gambar-gambar hewannya.

Kemarin gue pake cara visual untuk memahami pelajaran ini. Bukan cuma bab ini saja. Tapi seluruh pelajaran yang banyak teori seperti biologi,sejarah,bahasa indonesia, sebisa mungkin gue belajar pake cara visual ini.
Selain mudah diinget,ini juga bisa ngehemat waktu,tenaga serta fikiran karna gak perlu bertele tele untuk menghafal

Tips dari gue nih ye,semenjak SMA ini guee sering banget belajar pake konsep mind map atau peta konsep. Tujuannya sederhana sih biar gue mudah inget apa yang gue tulis. Karena mind map ini hanya berisi materi yang penting penting saja. 
Alhasil,gue jadi cepet inget dan gak mudah lupa dengan apa yang gue inget tadi..






2. AUDITORIAL



Kalo yang ini,kita bisa lihat padanan katanya. Auditorial mirip dengan kata kata audio,yang kaitannya erat sama indra pendengar yaitu telinga

Betapa beruntungnya orang yang punya tipe belajar kayak gini (termasuk gue :p) karena dengan begitu mereka bisa langsung mengerti apa yang dijelaskan guru. Setidaknya mereka paham dan tau apa yang dijelaskan oleh guru.

Belajar kelompok bisa jadi option yang bagus untuk mereka dengan cara belajar auditorial. Karena dalam belajar kelompok kita bisa berdiskusi bersama teman teman,dan tentunya kita bisa menyerap informasi sebanyak2nya

Musik juga bisa menjadi salah satu media belajar yang tepat loh. Tau gak sih? kalo musik itu ternyata membawa energi positif untuk mendukung kegiatan belajar. Gue pernah baca di buku,lupa judulnya apa. Tapi disitu dituliskan bahwa musik dapat mengaktifkan jaringan  syaraf dalam otak. Otak akan mampu menerima informasi dan memperkuat nalar. Cara ini juga sering gue pake kalo lagi belajar. Biasanya sih gue kalo belajar seneng denger lagu lagu instrument gitu. Lagunya enak sih.

Jangan coba coba dengerin lagu galau ya!! Takutnya gara gara denger lagu galau,niat kita ingin belajar malah inget sama masa lalu...*eh

Satu lagi rekomendasi media belajar dari gue buat kalian yang punya cara belajar auditorial. Gue sering banget ngerekam pelajaran yang banyak teori / istilah istilah. Misal sejarah nih. Waktu kelas X kemarin,gue ada ulangan lisan tentang dinasti dinasti china yang jumlahnay tuh ada 10 dinasti!!! Banyak banget ya kan?

Alhamdulillah,gue bisa mengatasi itu dengan cara yang tadi, merekam suara gue sendiri. Alhamdulillah lagi,ulangan lisan sejarah gue tadi dapet 100 ^__^ 
Caranya mudah kok,buka aplikasi perekam suara yang ada di hp kalian,lalu rekam suara kalian yang lagi baca tuh materi. Kalo udah selesai,dengerin berulang ulang. Insya Allah, lama kelamaan materi tadi akan nyangkut di long term memory di otaknya kalian :)






3. KINESTETIK


Jika kalian termasuk orang orang yang kalo ngomong sering melakukan gerakan gerakan kecil atau sering menunjuk tulisan ketika membaca,maka selamat! kalian adalah type orang dengan cara belajar kinestetik ..

Kinestetik itu sangat behubungan erat dengan alat gerak. Jadi orang dengan type ini akan lebih mudah memahami sesuatu dengan cara mendemonstrasikannya.

Misal kayak gue nih ya.. (gapapa kan kalo kayak gue lagi?)
waktu itu dikelas , gue lagi belajar matematika tentang dimensi tiga. waktu itu sih kita ngebahas tentang jarak garis dengan garis dan jarak garis dengan bidang serta gimana cari sudut.
Jujur nih ye,awalnya gue ga ngerti itu gimana nyari jarak,nyari sudutnya lah,gimana bisa dapet ini,dapet itu,dsb
Tapi,setelah gue dan temen temen gue disuruh guru matematika untuk bawa pipet,yang nanti akan dirangkai menjadi bangun ruang(kubus) lalu kita demonstrasikan didepan kelas,akhirnya gue ngerti juga. Dan,disini gue ketemu banget moment moment untuk bilang "gila,gue ngerti banget nih konsep!" <-- (Bahasanya anak zenius >,<)

Ada lagi pengalaman gue belajar biologi. Waktu itu sih praktikum tentang animalia. (lagi lagi animalia) :3
Nah,waktu itu kita disuruh memahami tentang anatomi dan morfologi tubuh animalia diantaranya ada ikan gabus,belalang dan udang.


Awalnya gue sama sekali ga tau itu gelembung renang yang mana,jantung ikan gimana bentuknya,kaki udang gimana,tapi setelah gue pegang itu hewan alhamdulillah sampe sekarang ingat :3 mudah2an tersimpan di long term memory..

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah,sekarang kalian sudah tau kan cara belajar yang baik gimana? Jika sudah menentukan cara belajar yang baik yang mana,sekarang saatnya untuk fokus :)


Kalo kalian nanya kenapa gue bisa nerapin itu semua cara ke kehidupan gue sehari hari,simple sih. Gue cuma nyoba ngehubungin ke-3 cara iu biar bisa saling berkesinambungan. 
Akan lebih dahsyat lagi dampaknya kalo ke-3 cara itu bisa kita aplikasiin sesuai tempatnya.

Fyi,meski gue udah make ni 3 cara tapi kelas x kemarin gue blm bisa dapet juara 5 besar*manyun* hehe tapi gapapa lah yah,gue selalu bersyukur apapun itu hasilnya. Intinya gue udah berusaha dapetin yang terbaik. 

Eitsss!! tapi tunggu dulu yaa. Bukan berarti gue ga juara,cara belajar yang gue share ke kalian dan gue pake ini salah. Mungkin dulu gue pernah gak ngumpul tugas di salah satu mapel gara gara terlalu fokus sama pelajaran lain. Nah maka dari itu,kalian jangan sampai kayak gue yaa!

Musti fokus ke segala hal. Jangan fokus sama 1 hal saja tapi hal lain dilupakan..
Dan jangan lupa,pilihlah cara belajar yang terbaik dan sesuai kriteria kalian. Jangan dipaksakan bila memang tidak sesuai ya!
Good luck!! (y)




Dream,believe and make it happen
(Quotes by Agnesmo)


Referensi:
Lucy Lidiawati Santioso,Psi. CH. CHt, CI. Mendidik Sesuai dengan Minat dan Bakat anak




Share:
Post a Comment