Feb 24, 2018

Review mata kuliah jurusan teknik kimia prodi teknologi kimia industri semester 1 POLSRI

Halohaa :))

Akhirnya, satu semester telah terlewati dengan segala suka dukanya. Ternyata, kuliah ga semudah dan seasyik yang gue kira haha. Terutama, gue kuliah di jurusan Teknik Kimia dengan mengambil konsentrasi Teknologi Kimia Industri DIV. Yang namanya anak teknik kimia pasti ga lepas dari perihal laboratorium, bengkel dan juga laporan. Laporan dengan seabrek analisanya, belum lagi kalo misal laporan ga diacc:')

Begitu banyak pelajaran yang didapati pada semester ini dan tentunya ada banyak kisah dibalik semua pelajaran yang telah didapat.
So, kali ini gue mau cerita sedikit tentang mata kuliah apa aja yang udah gue pelajari sewaktu gue di semester satu kemarin.
Lanjut!

1. Instrumen dan Teknik Pengukuran.

Pelajaran ini termasuk pelajaran baru buat gue karena baru dipelajari ketika gue kuliah. Yup. Pelajaran ini lebih menekankan pada alat alat yang ada di laboratorium serta industri. Pelajaran ini juga mengajarkan tentang bagaimana teknik/cara pengukuran yang baik dan benar.
Pelajaran ini hampir 97% hapalan kalo untuk tingkat DIV. Sisanya memang ada sedikit hitungan sih hehe. But, hitungannya engga ribet macem kita harus pake integral/differensial,engga kook.Hitungannya lebih mengarah ke konsep sederhana, misal persamaan linear.^^


Tingkat kesulitan: 6/10

2. Pendidikan Agama

Nah kalo yang ini gue rasa semua udah paham yaa hehe. Untuk mata kuliah agama di kampus gue itu cuma satu kali selama kuliah dan mata kuliah ini termasuk kedalam mata kuliah umum.

Tingkat Kesulitan: 5/10

3. Bahasa Inggris.

Untuk bahasa inggris di kampus gue kemarin, kita diperkenalkan dengan yang namanya TOEIC. FYI, kampus gue ga pake TOEFL melainkan tes kemampuan bahasa inggrisnya pake TOEIC. Selain diperkenalkan dengan TOEIC, kita juga diajarkan tentang grammar secara mendalam lagi. Lalu ada surat lamaran kerja, CV serta wawancara pekerjaan tentunya dalam bahasa inggris. Ohya, tak lupa juga kemarin kita diajarkan tentang inquiry letter gitu + job advertisement.

Tingkat Kesulitan: 5/10

4. Kimia Analisis

Kimia analisis di semester ini ada dua jenis, satu teori dan satu praktik. Untuk yang teori biasanya disebut Kimia Analisis. Awalnya, gue kira pelajaran ini tuh banyak hitung hitungan daripada teori. Ternyata, setelah dipelajari lebih banyak teori dibanding hitungan hehe. Di pelajaran ini kebanyakan kita belajar mengenai titrasi.

Tingkat kesulitan: 7/10

5. Azas Teknik Kimia

Azas Teknik Kimia atau sering disebut ATK. Pertama kali kenalan sama pelajaran ini wuihh bikin gue terkesima! haha.
menurut gue, pelajaran ATK ini adalah pelajaran fisika, matematika, kimia, biologi, ekonomi serta bahasa inggris digabung jadi satu! Nahloh, kebayang ga gimana sensasi belajarnya? haha
Pelajaran ATK ini pada intinya adalah gimana caranya proses yang dilakukan pada saat awal sama dengan proses yang dilakukan pada saat akhir. Dengan kata lain INPUT = OUTPUT. Kalo misal ga sama? Yah berarti pada saat prosesnya ada yang keliru.

Tingkat Kesulitan: 8/10

6. Sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja 

Untuk pelajaran ini juga lebih banyak menekankan pada teori dibanding hitungan. Disini, kita diajarkan untuk tetap safety dalam setiap pekerjaan. Istilahnya, safety first lah ya haha

Tingkat Kesulitan: 6/10

7. Dasar Dasar Bioproses

Nah, lo pasti bingung kan anak teknik kimia kok belajar dasar dasar bioproses? Haha, gue juga rada bingung waktu pertama belajar. Kan anak teknik tuh yaa kenapa malah ke biologi bukannya ke fisika atau matematika (FYI, matkul mattek gaada waktu semester satu kemaren).

Nah, di pelajaran ini susah susah gampang lah ya. Bisa dibilang gampang karena hampir gaada hitungan. Semua lebih menjurus pada teori dasar gitu.
Tapi, apalah daya. Dosen gue baik banget sampe kita kemarin disuruh nyari rumus penurunan bioreaktor gitu. Yang dikira pas awal gaada hitungan eh ternyata nyelip haha. Sekalinya ada hitungan, mantap mati kutu karena bukan tipe soalnya bukan menyelesaikan masalah tapi menemukan darimana bisa mendapatkan suatu persamaan / rumus tersebut.

Tingkat Kesulitan: 7.5/10

8. Praktikkum Kimia Analisis Dasar 

Yeaay. Ini nih yang lumayan gue suka karena sifatnya praktik bukan teori.
Jadi, praktikkum kimia analisis ini di ruang lab yang sering disebut Laboratorium KAD. Untuk alat alatnya lumayan lengkap meski ada beberapa kekurangan seperti pipet tetesnya banyak yang cacat. But, overall laboratoriumnya cukup mendukung proses belajar kami.

Ohya, biasanya setelah mahasiswa selesai praktik, dosen langsung kasih tugas untuk buat laporan. Kalo urusan deadline, biasanya tergantung dosen yang mengajar. Ada yang langsung dikumpul pada hari yang sama, ada juga yang besok atau bahkan lusa. Tergantung kebijakan dari masing masing dosen lah yaa.

Sebenarnya, gue ga bisa lama lama ada laboratorium ini. Bawaannya pasti pengen muntah dan pusing pusing tiap abis praktik. Padahal, gue udah pake alat alat safety kayak masker biar ga terlalu banyak menghisap zat kimia.

Tingkat Kesulitan: 6/10

9. Praktikkum Rekayasa Bioproses

Nah, ini nih mata kuliah yang paling ngenakin hehe. Laboratoriumnya yang kerasa bener bener nyaman, which is ada ac dan hampir gaada bau bau zat kimia sekalipun. Di lab ini juga biasanya setelah ngelab kita bisa tidur tiduran saking nyamannya dan tempatnya yang bersih.

Tingkat Kesulitan: 5/10

Pada akhirnya, gue bersyukur bisa melewati satu semester penuh tantangan di kampus ini. Awalnya, gue ngira gue ga bakalan lulus karena ada mata kuliah yang gue kebobolan hiks. Tapi, ketika gue liat pengumuman nama nama mahasiswa yang lulus semester selanjutnya dan tertera nama gue + kata lulus disampingnya, gue bener bener merasa bahagiaa dan bersyukur karena Tuhan sayang banget sama gue :')

Perjuangan belum berakhir karena perjuangan sesungguhnya telah menanti.
Welcome semester II !!
Share:

Feb 16, 2018

Feb 14, 2018

Feb 13, 2018